HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING ISLAM ADAKAN SAFARI RAMADHAN

 

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA) mengadakan acara Safari Ramadhan 1445 H dengan tema “Meraih Kemenangan Dengan Semarak Ramadhan” di masjid Ibadah, Jalan Kereta Api (31/03/2024).

Kegiatan Safari Ramadhan ini menghadirkan berbagai pihak, salah satunya adalah Ketua Jurusan Prodi Bimbingan Konseling Islam yang turut mendukung HMPS BKI untuk melakukan kegiatan Safari Ramadhan ini, serta  menyertai pembukaan acara Safari Ramadhan dengan memberikan kata sambutan dan pembukaan resmi acara Safari Ramadhan oleh Ketua Jurusan Prodi Bimbingan Konseling Islam Zulamri S.Ag.

Ketua Pengurus Masjid Ibadah di Jalan Kereta Api turut serta menyambut hangat kedatangan HMPS BKI, Bupati HMPS BKI Ervan dan Ketua Pelaksa Safari Ramadhan Zalvan Revindo berhasil membangun hubungan Ukhuwah Islamiyah dengan pemuda pengurus masjid yang turut andil dalam acara Safari Ramadhan ini.

Masjid Ibadah merupakan tempat yang dipenuhi oleh anak-anak ceria serta antusias ketika diadakannya sebuah perlombaan di masjid, mereka dengan semangat meraimaikan masjid dan mengikuti berbagai macam lomba yang diadakan oleh HMPS BKI. Zalvan selaku ketua panitia pelaksa acara Safari Ramadhan mengatakan bahwa itu alasan mengapa ia memilih Masjid Ibadah sebagai tempat diadakannya Safari Ramadhan ini, menurut Ketua Prodi Bimbingan Konseling Islam acara Safari Ramadhan ini sangat bagus karena sekaligus memperkenalkan Prodi Bimbingan Konseling Islam ke masyarakat sekitar. “Kita perlu memperkenalkan jurusan Bimbingan Konseling Islam ke Masyarakat dalam bentuk sosialisasi, salah satunya dengan cara mengadakan Safari Ramadhan di bulan suci.” Ujar Zulamri S.Ag memberi dukungan penuh kepada HMPS BKI atas berlangsungnya acara ini.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh HMPS BKI adalah perlombaan adzan yang diikuti anak-anak dengan jenjang pendidikan sekolah dasar, ada sekitar 20 peserta yang mengikuti lomba adzan ini. Tentunya mereka yang mengikuti lomba adzan ini memiliki kemampuan dan keberanian, lantunan suara adzan terdengar indah nan merdu dari para peserta.

Selain lomba adzan, HMPS BKI juga mengadakan lomba ayat pendek, sekitar 17 orang peserta mengikuti perlombaan ini. Sama seperti yang sebelumnya, lomba ayat pendek ini diadakan bagi

Anak-anak yang berada di jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Peserta-peserta yang mengikuti lomba ayat pendek ini memiliki kemampuan menghafal serta melafalkan yang bagus, dari ayat-ayat yang ada di dalam Al-Quran.

Lomba yang terakhir adalah Ranking 1, sekitar 25 peserta mengikuti perlombaan ini yang ditujukan bagi anak-anak jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Mereka berloma-lomba dengan semangat menulis jawaban dari pertanyaan kakak panitia HMPS BKI dan mengangkatnya tinggi-tinggi, dari 25 peserta yang ikut hanya 1 orang pemenang. Persaingan sengit terjadi di pertanyaan ke 15, ada 5 peserta bertahan dengan pertahanan yang kuat. Mereka mampu menjawab pertanyaan dengan tepat, hingga di pertanyaan terakhir yang diberikan oleh kakak panitia HMPS BKI, akhirnya pemenang dari lomba ranking 1 ditemukan.

Selain menjadi panitia lomba, Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam juga menjadi panitia acara buka bersama di masjid Ibadah yang dihadiri oleh masyarakat sekitar.“Kami dengan senang hati bersedia membantu para pengurus masjid untuk menyajikan makanan-makanan bagi masyarakat sekitar yang berbuka puasa di masjid Ibadah.” Ungkap Ervan selaku Bupati HMPS BKI. Setelah berbuka dan shalat magrib berjamaah, HMPS BKI dan masyarakat melanjutkan kegiatan shalat isya dan tarawih berjamaah serta malam Nuzulul Quran yang dihadiri oleh Da’i Maruli Ashari, S.HI, MH. Materi yanh diberikan sangat bermanfaat dan menambah wawasan Masyarakat serta Himpunan Mahasiswa Program Studi BKI “Alhamdulillah, acara Nuzul Quran ini dihadiri oleh mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam dari UIN SUSKA RIAU.” Ujar Ustad Maruli Ashari S.HI, MH di pembukaan ceramahnya.

Selain itu, ketua pengurus masjid Ibadah dan Pak RT dari sekitar Masjid Ibadah menyampaikan banyak terimakasih kepada Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam yang membantu para masyarakat untuk mengadakan malam Nuzul Quran dan bersedia menjadi panitia. “Saya harap adik-adik dari jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN SUSKA RIAU tidak hanya membantu masyarakat seperti Safari Ramadhan ini setahun sekali saja, tetapi ke depannya tetap membantu masyarakat walaupun tidak sedang mengadakan kegiatan. Dan semoga semakin banyak kegiatan-kegiatan seperti ini yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa, walau tidak di bulan suci Ramadhan.” Ujar Pak RT 04 saat memberikan sambutan kepada Masyarakat yang menghadiri acara Nuzul Quran.

Selain itu, acara malam Nuzul Quran juga mengadakan santunan bagi anak-anak yatim sekitar masjid Ibadah. Berbagai bahan pokok diberikan bagi anak-anak yatim dan sejumlah uang. Setelah itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam memberikan hadiah bagi peserta yang memenangkan lomba adzan, ayat pendek dan Ranking 1. Hadiah yang diberikan berupa piala dan sertifika penghargaan. Acara Safari Ramadhan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konselinh Islam UIN SUSKA RIAU diakhiri dengan foto bersama, tentunya semua yang menghadiri acara Safari Ramadhan dan Nuzul Quran merasa senang dan antusias. “Saya harap kami dari Himpunan Mahasiswa Peogram Studi Bimbingan Konseling Islam masih diberikan umur yang panjang oleh Allah SWT untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti ini ke depannya, karena kami sangat senang menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat.” Ujar Khairul Amri selaku Wakil Bupati HMPS BKI.

About admin bki

Check Also

Akreditasi Prodi BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Mendapat Akreditasi A

Pekanbaru, 7 April 2024 – Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan …

Leave a Reply